ZONA DOWNLOAD

MY FRIENDS

WELCOME TO WIDYA SCHOOL

Pengertian Dan Perkembangan Teknologi Fluorescent Disc

Belum sampai masyarakat kita menikmati hadirnya Blu -R ay lewat Playstation 3 yang akan segera tiba, dunia teknologi sudah kehadiran barang baru yang dinamakan Fluorescent Multilayer Disc (FM Disc). FM Disc berbeda dengan sebuah kepingan yang beredar saat ini. warnanya tidak keperakan atau keemasan, melainkan bening seperti sebuah plastik transparan biasa.

Warna yang tembus pandang bukan berarti tidak berfungsi. Justru sebaliknya kepingan yang disebut FM Disc ini mampu menampung 140 GB data sekaligus, dengan kecepatan baca sampai1 GB per detik. Ini artinya, ada lebih dari 20 jam film berkualitas HDTV dapat disimpan oleh kepingan transparan ini.
FMDisc Drive

Teknologi ini awalnya dikembangkan oleh Constellation 3D, sebuah perusahaan yang bermarkas di Amerika Serikat. Constellation 3D yang berdiri tahun 1995 memiliki laboratorium di Israel dan Rusia. FM Disc sendiri sebenarnya merupakan perkembangan atas penemuan seorang kimiawan Rusia beberapa waktu sebelumnya. Yaitu sebuah bahan organis bernama “stable photochrome”, yang bila terkena sinar laser dapat memancarkan cahaya fluorescent.

Oleh Constellation 3D tidak hanya FM Disc saja yang dikembangkan, tetapi mereka juga mengembangkan sebuah kartu memory dari sinar fluorescent ini. Hampir sama dengan kepingannya, kartu memory Castellation 3D juga memiliki kapasitas yang sangat besar, yaitu 10 GB. Kartu memory ini memiliki sebutan sendiri, yaitu “Clear Card”.

Jika keberadaan kepingan FM Disc dapat dipergunakan sebagai pengganti perangkat optik yang beredar saat ini, Clear Card di kemudian hari diharapkan dapat menggantikan posisi kartu memory yang biasa digunakan untuk perangkat berjalan, seperti kamera, PDA, atau ponsel.

Multilayer

Salah satu keistimewaan dari FM Disc adalah banyaknya jumlah layer yang ada dalam setiap kepingan. Masing- masing kepingan memang memiliki lebih dari satu layer atau lapisan. Bahkan lebih dari 10 lapisan sekaligus. Tepatnya adalah 12 lapisan pada FM Disc yang dikembangkan pada tahap pertama.

Lapisan fluorescent pada kepingan

Adanya jumlah lapisan lebih dari satu ini sebenarnya juga terdapt pada DVD (DVD Dual layer) hanya saja pada DVD sampai saat ini baru dua lapisan saja yang dapat diproduksi. Hal ini dikarenakan bertambahnya jumlah layer pada DVD dapat membuat kecepatan akses data berkurang. Sebaliknya , pada FM Disc banyaknya jumlah layer tidak mempengaruhi kecepatan pembacaan data. Bahkan dengan jumlah lapisan yang sangat jauh dibandingkan DVD, FM Disc mampu memiliki kecapatan baca sampai 1 GB per detik.

Pada masa yang akan datang, jumlah layer dapat saja bertambah, bahkan kemungkinannya dapat mencepai 1 TB dengan jumlah 100 lapisan dalam setiap kepingan FM Disc. Ini artinya, dapat lebih banyak dari ruang harddisk yang Anda miliki saat ini di komputer Anda. Selain jumlah lapisan yang sangat banyak, ciri khas lain dari teknologi ini adalah warnanya yang sangat berbeda dengan CD, DVD, atau Blu-Ray sekalipun. FM Disc berwarna transparan dengan bentuk serupa dengan teknologi sejenisnya. Begitu pula dengan tebalnya. Sehingga di kemudian hari nantinya teknologi ini tidak terlalu banyak melakukan perubahan dari perangkat-perangkat yang sudah ada lebih dulu sebelumnya.

Jika dari segi bentuk biasa saja, lain halnya dengan warna. Kita ketahui bahwa warna metalik pada sebuah kepingan yang beredar saat ini adalah untuk memberikan pantulan sinar laser agar dapat pada setiap pit dapat terbaca. Lalu bagaimana nasibnya dengan FM Disc? 

Berbeda dengan teknologi optik yang ada sebelumnya, setiap pit dalam sebuah FM Disc akan dilapisi dengan bahan fluorescent, sehingga pada saat sebuah sinar ditem- bakan kearah pit, bahan fluorescent tersebut akan memancarkan radiasi. Radiasi inilah yang kemudian ditangkap dan di-decode menjadi data kembali.
Lapisan fluorescent pada kepingan

Namun, radiasi cahaya tidak begitu saja masuk drive detector. Melainkan tersaring secara otomatis sehingga hanya radiasi yang memuat data saja yang akhirnya ditangkap dan di-decode. Cahaya yang ditimbulkan oleh bahan fluorescent ini bersifat incoherent, artinya tidak akan dipengaruhi oleh kualitas dari permukaan luar kepingan. Tidak seperti CD atau DVD bila ada kotoran, luka atau cacat pada permukaan luar, maka data kemungkinan tidak akan dapat dibaca, atau data akan tidak sempurna terbaca.

Saat ini, sinar laser yang digunakan untuk FM Disc masih menggunakan sinar laser merah. Tetapi, ini hanyalah awalnya. Di masa yang akan datang, FM Disc akan menggunakan sinar laser biru.


Memproduksi FMD

Teknik produksi FMD sebenarnya tidak jauh berbeda dengan CD atau DVD, yaitu bisa sama-sama menggunakan teknik stamping. Dalam proses produk- sinya, ada dua tek n ik yang dapat digunakan, yaitu hot stamping dan yang kedua adalah dengan menggunakan teknik photopolymerization.
FMDisc dengan tujuh layer

Dengan teknik hot stamping, sebuah lapisan polycarbon dipres dengan dua keepingan utama ( master ) dengan temperatur yang tinggi. Lalu setelah diperoleh sebuah kepingan dengan dua lapisan (depan belakang) informasi, maka pit tempat informasi-informasi tersebut diisi dengan bahan fluorescent. Setelah sudah keras atau jadi, maka lapisan yang berisi informasi tersebut dipres kembali. Sedangkan, teknik photopolymerazation adalah dengan menggabungkan masing-masing lapisan yang sudah berisi informasi.

Jika lapisan-lapisan dengan pit yang berisi informasi sudah siap, makan proses selanjutnya adalah mengisi lapisan fluorescent. Jika sudah siap, maka lapisan yang terakhir adalah lapisan pelindung. Kemudian seperti layaknya sebuah CD atau DVD, pada FM Disc Anda pun dapat saja memiliki bagian cover yang dapat dimuatkan gambar. Hal ini tidak akan merusak FM Disc, meskipun akan kemampuan kepingan tidak lagi transparan.
Penampang dalam FMDisc
Namun bila diperhatikan, meskipun memiliki cover, tetap saja tidak akan terlihat adanya lapisan reflector apapun seperti layaknya pada CD atau DVD.

Pada FM Disc, proses pembacaan juga dapat dilakukan secara paralel. Artinya, data pada beberapa layer dapat dibaca secara sekaligus. Kemampuan inilah yang membuat FMDisc mampu memiliki transfer rate sampai 1 GB/detik.

Jenis FMD

Ada tiga jenis FM teknologi yang telah selesai dikembangkan, yang pertama adalah FMDisc ROM yang dibuat dengan produksi massal. Lalu ada yang dikenal dengan FMDisc WORM (Write Once Read Many), ini sejenis dengan Rewritable Disc, yaitu FMDisc yang dapat ditulis secara personal dan kemudian dibaca. Sedangkan yang ketiga yang sudah sempat disinggung sebelumnya, yaitu FM Card atau dengan sebutan lain “Clear Card”. Sesuai namanya, Clear Card adalah kartu memory yang berbentuk transparan, dengan fungsi lebih menyerupai kartu memory yang umumnya digunakan pada kamera atau PDA.

FM Disc ROM

Ini adalah jenis yang pertama akan diperkenalkan. FM Disc ROM nantinya akan banyak digunakan untuk kepentingan produksi, baik film ataupun peranti lunak. Dengan kapasitas yang besar kualitas film dapat lebih baik. Karena ini berarti film akan mengalami lebih sedikit lagi proses kompresi. Sama halnya dengan audio. Yang artinya, juga dapat menampung lebih banyak lagi data dalam satu kepingannya.
FMDisc yang transparan


Sedangkan untuk peranti lunak, kehadirannya akan sangat berpengaruh khususnya untuk peranti lunak hiburan seperti game dan peranti lunak pen- didikan yang umumnya membuat banyak sekali informasi.
FMDisc ROM dibuat dengan mesin-mesin khusus yang untuk jumlah yang banyak. Prosesnya hampir sama dengan pembuatan DVD-ROM.

FM Disc WORM

F M Disc WORM yang disebut juga sebagai rewritable FM Disc adalah kepingan yang dapat Anda isi sendiri. Kepingan inilah yang nantinya dapat dipergunakan sebagai media back-up.

Cara penulisannya hampir sama dengan menulis pada rewritable CD hanya saja ada beberapa sedikit perbedaan khususnya pada penambahan material fluorescent. Pada prinsipnya, setiap penulisan pada kepingan sinar laser yang digunakan harus berbeda dengan pada saat pembacaan. Ada dua metode penulisan yang dapat digunakan masing-masing terletak pada perbedaan penambahan element fluorescent-nya.

Dengan metode pertama atau yang dikenal dengan metode thermal, material fluorescent diaplikasikan dari tahap awal. Sedangkan pada metode kedua yaitu metode chemical, material fluorescent diaplikasikan pada tahan lanjut.

Alat yang digunakan untuk menulis pada FM Disc WORM tidak akan jauh berbeda dengan alat yang digunakan untuk membacanya atau membaca FM Disc ROM. Seperti halnya dengan CD atau DVD, perbedaannya hanya terletak pada tembakan laser yang dimodifikasi. Oleh sebab itu, penulisan dan pembacaan untuk kepingan FM Disc ini dapat dilakukan dengan satu alat yang sama, asalkan menggunakan sinar laser yang dapat dimodifikasi.
Pada FM Disc, bukan pantulan yang ditangkap, melainkan radiasilah yang kemudian diterjemahkan menajdi data

Clear Card

Clear Card atau yang disebut FM Card sebenarnya adalah sebuah FM Disc yang dilapisi bagian luar berbentuk kartu kecil. Kepingan yang ada di dalam Clear Card adalah kepingan dengan diameter 50 mm atau 5 cm. Model pertama yang kembangkan adalah kepingan dengan 20 lapisan data. Dengan 20 lapis data, kepingan ini mampu menampung sam- pai 10 GB data serta memiliki densitas recording sebesar 400 Mbytes/cm2. Cukup memadai bila Anda menggunakannya dalam perjalanan jauh dengan sebuah kamera digital atau MP3.

Kartu mini yang tidak membutuhkan banyak tenaga listrik ini rencananya akan dijual ke pasaran dengan harga US$10 per buah. Namun sampai sekarang, sayangnya, kehadiran FM Disc saja masih tertunda, apalagi kartu ini. Padahal kehadiran kartu kecil ini akan memberikan dampak yang besar. Sebuah MP3 player contohnya. Dengan adanya kartu ini, tidak perlu lagi menggunakan microdrive jika ingin memiliki kapasitas sampai 10 GB. Yang artinya dengan kapasitas besar ukuran dapat diperkecil.

Aplikasi

Banyak sekali aplikasi yang dapat mengunakan teknologi ini. Seperti layaknya teknologi optik yang ada saat ini, FM Disc pun akan sangat cocok untuk dua hal, yang pertama untuk menyimpan data hiburan ataupun data pekerjaan. Anda tidak perlu lagi membawa-bawa banyak kepingan DVD untuk menonton 10 film DVD kesayangan Anda. Cukup bawa satu ke- pingan FM Disc, maka Anda masih dapat membawa lebih banyak film dari yang diinginkan.

Sebagai ruang penyimpanan data back-up, FM Disc juga sangat cocok. Karena kapasitasnya yang sangat besar Anda tidak perlu memiliki banyak media. Cukup satu atau dua saja ruang back-up Anda atau mungkin Anda akan lebih leluasa mengelompokkannya.

Dengan FM Disc, kekhawatiran rusaknya media back-up juga dapat diminimalisasi karena media FM Disc walaupun tergores lapisan luarnya, kepingan akan masih dapat dibaca sehingga Anda tidak perlu takut kehilangan data.

Selain sebagai media back-up, satu lagi adalah sebagai alternatif kartu memory. Dengan sekeping Clear Card, tidak perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan, bukan?

Meskipun demikian, bukan berarti tidak ada sisi buruknya. Bila sebuah ruang data sangat besar akan sulit melakukan proses review. Namun hal ini tidak perlu dikhawatirkan, selama proses index dapat dilakukan.

JANGAN LUPA BACA ARTIKEL INI YA ....

Untuk berlangganan gratis artikel terbaru dari Widya School's ke email anda, silahkan ketik email anda di bawah ini, kemudian klik tombol subscibe:


Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

FOLLOW US ON TWITTER

ABOUT ME


TKJ SMK N 1 JKT

HARDWARE PC

TIP DAN TRIK PC

JARINGAN KOMPUTER

MICROSOFT OFFICE

MY BANNER

logo

MY LINK

WIDYA SCHOOL'S

MY PAGERANK

PageRank Checker