ZONA DOWNLOAD

MY FRIENDS

WELCOME TO WIDYA SCHOOL

Indahnya Panorama Kawah Putih Gunung Patuha

Terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, obyek wisata Ciwidey merupakan salah satu lokasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara.

Selain terkenal dengan hasil perkebunan dan pertaniannya, obyek wisata di kawasan ini cukup beragam, di antaranya adalah Kawah Putih di Gunung Patuha, Bumi perkemahan dan penangkaran Rusa hutan di Ranca Upas, Situ Patenggang dan pemandian air panas.


Berada di ketinggian 2.434 meter dari permukaan laut (mdpl), Kawah Putih Gunung Patuha merupakan lokasi yang paling banyak diminati wisatawan.
Dengan suhu udara antara 8 hingga 22 derajat celcius, membuat wisatawan betah berlama-lama di lokasi ini karena udaranya yang sejuk.

Bahkan di musim tertentu, suhu di sini dapat mencapai 0-2 derajat celcius, maka tidak heran kabut tebal sering menutupi kawah ini.

Berdasarkan cerita masyarakat sekitar, pada jaman dahulu lokasi ini pernah ditakuti karena dianggap angker oleh warga, karena penduduk setempat sering menemukan hewan, khususnya burung yang mati ketika melewati kawah ini.

Namun setelah dilakukan penelitian oleh seorang ilmuwan Belanda-Jerman, Dr.Franz Wilhelm pada tahun 1837, penyebabnya adalah karena ada semburan lava belerang yang diikuti bau yang sangat menyengat di atas permukaan kawah.

Menurut informasi, kawah ini merupakan salah satu kawah dengan kadar keasaman belerang tertinggi di dunia. Dulu pemerintahan kolonial Belanda pernah membangun pabrik belerang di tempat ini.

Beberapa peneliti menyebutkan Gunung Patuha masih tergolong gunung berapi aktif, sehingga di beberapa titik masih ditemukan pancaran kawah yang masih bergejolak.
Selain pemandangan kawah putih, pengunjung juga dapat menemukan sebuah goa sedalam lima meter yang pernah dipakai sebagai tambang belerang.

Sebelum tiba di Kawah Putih, pengunjung terlebih dahulu akan dimanjakan dengan pemandangan khas pedesaan, seperti hamparan sawah, perkebunan, hutan-hutan pinus dan jalur kereta api tua yang merupakan saksi sejarah perjuangan Indonesia.

Dari Kota Bandung, wisatawan masih harus menempuh jarak sejauh 46 kilometer atau sekitar 2,5 jam perjalanan menuju Selatan Kota Bandung.

Setibanya di pintu masuk kawasan wisata Ciwidey, pengunjung masih harus menempuh perjalanan sekitar lima kilometer ke dalam kawasan hutan hujan tropis.

Untuk memasuki obyek wisata Kawah Putih, pengunjung cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp 7.500 per orang untuk tiket masuk, dan Rp 2000 rupiah bagi kendaraan motor, serta Rp 5.000 untuk mobil.

Nama Kawah Putih sendiri diambil dari warna tanah bercampur belerang hasil letusan gunung yang berwarna putih.

Obyek wisata Kawah Putih mulai dikembangkan oleh pihak Perhutani pada tahun 1987. Air kawah yang kadang berubah-ubah warna seperti kehijauan akibat pancaran sinar matahari, menambah pesona keindahannya.

Batang-batang pohon kering yang berada di sekitar kawah menciptakan suasana wisata yang sedikit berbeda. Kawah Putih juga sering dijadikan lokasi untuk pemotretan atau pembuatan film.

Selain pesona kawah, berbagai jenis flora dan fauna turut memperkaya keberadaan tempat wisata ini.
Bila beruntung, Anda akan berjumpa dengan berbagai satwa seperti monyet ekor panjang, burung elang, babi hutan, kancil, bahkan macan tutul dan macan kumbang yang memang masih banyak dijumpai di gunung-gunung di Jawa Barat.

Untuk mencapai lokasi wisata Kawah Putih, wisatawan dapat menggunakan kendaraan umum dari Terminal Bus Leuwipanjang Bandung, lalu menggunakan angkutan kota (angkot) yang langsung menuju lokasi wisata, atau naik bus Sukaraja jurusan Bandung-Ciwidey menuju pintu masuk Kawah Putih. Dari sini Anda harus berjalan kaki sejauh 5 kilometer menuju kawah.

Gunung Patuha, kurang lebih 2300 diatas permukaan laut, sebelah selatan kota Bandung menyimpan suatu misteri dimasa lampau. Masyarakat menganggap Gunung Patuha merupakan kawasan yang angker, mereka menganggap puncak Gunung Patuha dulu merupakan tempat pertemuan para leluhur Bandung Selatan. Tak seorang pun berani menjamahnya. Bahkan, karena angkernya, burung yang melewati kawah pun akan mati.
Tetapi, misteri yang sudah menjadi turun – temurun itu mulai punah setelah terungkap oleh seorang ilmuwan Belanda peranakan Jerman, Dr. Franz Wilhelm Junghun, yang juga seorang pengusaha perkebunan Belanda yang mencintai kelestarian alam pada tahun 1837.


Alam Kawah Putih

Ketika Junghun melakuakn perjalanan ke Gunung Patuha, dia sempat bertanya kepada masyarakat setempat mengenai suasana alam yang dirasakannya sangat hening dan sunyi itu. Tapi dia mendapatkan jawaban yang dirasanya aneh, dia mendapat jawaban bahwa kawasan tersebut merupakan daerah angker sebagai kerajaan jin dan tempat bersemayamnya roh para leluhur. Kondisi lembah Gunung Patuha pada waktu itu masih berupa hutan lebat, dipenuhi pohon-pohon kayu jenis lokal, seperti rasamala, saninten, huru, samida, dan lain sebagainya.

Karena rasa penasaran dan ketidakpercayaannya, Junghun terus menembus lebatnya hutan Gunung Patuha. Dan akhirnya dia menemukan suatu danau kawah yang terlihat sangat eksotik, dan sangat indah. Meski sudah ditemukan pada 1837, tapi kawasan ini baru menjadi objek wisata pada 1987 setelah dikembangkan oleh PT Perhutani (Persero) Unit III Jabar dan Banten

Alam Kawah Putih

Angker? Benarkah begitu? Untuk membuktikannya anda perlu datang sendiri ke kawasan wisata kawah putih ini. Dan setelah memasuki area kawah putih, bukan rasa takut yang akan anda alami, tetapi anda pasti akan terpaku dan terpana begitu melihat dan menyaksikan sendiri bagaimana menakjubkannya genangan air yang berwarna putih disertai asap yang mengepul diatasnya. Warna air di danau kawah putih tidak selalu berwarna putih, warna putih kawah merupakan warna yang paling ditemui saat berkunjung, terkadang air berwarna hijau apel dan kebiru-biruan -bila terik matahari dan cuaca terang, terkadang pula berwarna coklat susu.

Goa Belerang Kawah Putih

Yang kurang menyenangkan di kawasan ini adalah bau belerang yang bagi sebagian orang bisa menyebabkan batuk – batuk karena mencium baunya, bahkan tidak jauh dari kawasan wisata kawah putih terdapat goa buatan sedalam 5 meter yang katanya dulu pernah dijadikan sebagai tambang belerang. Bila anda melewati goa tersebut anda pasti akan mencium bau belerang yang sangat menyengat. Karena kandungan belerang yang sangat tinggi itulah, pada jaman dulu sempat dibangun pabrik belerang dengan nama Zwavel Ontgining Kawah Putih. Pada jaman Jepang, usaha tersebut dilanjutkan dengan nama Kawah Putih Kenxaka Gokoya Ciwidey yang langsung berada di bawah penguasaan militer.

Kawah putih terjadi akibat letusan Gunung Patuha yang terjadi sekitar abat ke 10 – abad ke 12. selain kawah putih juga terdapat kawah lain yang dikenal dengan nama Kawah Saat.

Cara Mencapai Kawasan Wisata Kawah Putih

Wisata Kawah Putih yang terletak kurang lebih 46 km dari kota Bandung bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Bila anda menggunakan kendaraan umum anda tidak perlu khawatir, disana terdapat angkutan yang akan mengantar anda sampai ke area wisata Kawah Putih. Atau anda juga bisa berkonvoi dengan menggunakan sepeda motor bersama teman – teman anda.

Penginapan

Anda yang ingin bermalam, didekat pintu gerbang tersedia beberapa villa yang bisa kita sewa, dengan begitu kita bisa menikmati panorama alam ketika hari masih begitu pagi. Tapi bila anda ingin menikmati keindahan alam selama perjalanan menuju lokasi ini, anda bisa menginap di Ciwidey atau bahkan di Bandung.

Tips
  • Bila anda menginap di Bandung, berangkat di pagi hari akan terasa sangat menyegarkan.
  • Jaket akan sangat anda perlukan bagi anda yang alergi terhadap dingin.
  • Bagi anda yang alergi terhadap bau belerang, sebaiknya anda membawa masker atau apa saja yang bisa membantu anda untuk mengurangi bau belerang yang terkadang akan tercium sangat menyengat.
  • Untuk mengabadikan moment yang sangat indah di Kawah Putih jangan lupa untuk membawa kamera atau handycam, sehingga anda bisa mengenang kembali keindahan dan keeksotisan alam Kawah Putih di Gunung Sepuh


JANGAN LUPA BACA ARTIKEL INI YA ....

Untuk berlangganan gratis artikel terbaru dari Widya School's ke email anda, silahkan ketik email anda di bawah ini, kemudian klik tombol subscibe:


Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

FOLLOW US ON TWITTER

ABOUT ME


TKJ SMK N 1 JKT

HARDWARE PC

TIP DAN TRIK PC

JARINGAN KOMPUTER

MICROSOFT OFFICE

MY BANNER

logo

MY LINK

WIDYA SCHOOL'S

MY PAGERANK

PageRank Checker