ZONA DOWNLOAD

MY FRIENDS

WELCOME TO WIDYA SCHOOL

Karakteristik Tranceiver Bluetooth

Transceiver bluetooth beroperasi pada frekuensi 2,4 GHZ ISM (Industrial Scientific Medical) yang secara tepat sebenarnya berada pada range frekuensi 2.400-2.483 GHZ yang terdiri atas 79 kanal. Kecepatan transfer data maksimum yang dapat dicapai adalah 1 Mbps. Bluetooth menggunakan kombinasi teknologi packet dan circuit untuk proses transmisinya. Masing-masing kanal tersebut dibagi lagi dalam time slot yang berselang selama 625 μs.

Setelah satu packet dikirim lewat sebuah frekuensi, maka kedua peralatan Bluetooth yang sedang melakukan komunikasi melakukan tune ulang dengan frekuensi yang berbeda. Secara efektif akan melakukan lompatan pada kecepatan 1600 lompatan perdetik melalui beberapa time slot yang berbeda. Inilah yang disebut dengan frequency hooping.

Jarak jangkauan dari peralatan bluetooth sangat bergantung pada kelas daya dari peralatan radio yang digunakan. Untuk peralatan mobile umumnya digunakan peralatan radio kelas 2 yang memiliki jangkauan sampai 10 meter. Kelas ini berkaitan dengan output power yang digunakannya. Kelas 1 memiliki output power yang lebih besar. Dalam transceiver bluetooth ada tiga kelas pembagian daya yaitu :
  • Daya kelas 1 beroperasi antara 100 mW (20dBm) dan 1mW (0dBm) dan didesain untuk peralatan dengan jangkauan yang jauh hingga 100m.
  • Daya kelas 2 beroperasi antara 2,5 mW (4dBm) dan 0,25mW (-6dBm) dan didesain untuk peralatan dengan jangkauan yang jauh hingga 10m.
  • Daya kelas 3 beroperasi pada 1 mW (0dBm) dan didesain untuk peralatan dengan jangkauan pendek atau sekitar 1m.
Dari ketiga kelas di atas, yang sekarang ini dikembangkan adalah daya kelas 2 dengan jangkauan sekitar 10 m. Untuk mencegah bentrokan dengan berbagai daya dari peralatan yang berbeda, maka memungkinkan untuk menaikkan atau meningkatkan daya dari peralatan melalui link manager protocol (LMP).


Interferensi akan terjadi karena adanya tabrakan antara paket dari peralatan bluetooth yang digunakan dengan peralatan lain yang bekerja pada frekuensi yang berdekatan atau bahkan sama, sehingga saling overlap dalam domain waktu dan frekuensi. Frequency hoping juga mendukung munculnya interferensi ini, untuk itu beberapa peralatan bluetooth dilengkapi dengan sebuah teknologi akses yang disebut frequency hop spread spectrum (FHSS).

JANGAN LUPA BACA ARTIKEL INI YA ....

Untuk berlangganan gratis artikel terbaru dari Widya School's ke email anda, silahkan ketik email anda di bawah ini, kemudian klik tombol subscibe:


Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

FOLLOW US ON TWITTER

ABOUT ME


TKJ SMK N 1 JKT

HARDWARE PC

TIP DAN TRIK PC

JARINGAN KOMPUTER

MICROSOFT OFFICE

MY BANNER

logo

MY LINK

WIDYA SCHOOL'S

MY PAGERANK

PageRank Checker