ZONA DOWNLOAD

MY FRIENDS

WELCOME TO WIDYA SCHOOL

Indahnya Panorama Parangtritis

Parangtritis berjarak 27 kilometer dari pusat kota. Aksesnya sangat mudah karena prasarana jalan yang sangat baik dan angkutan umum menuju Parangtritis telah banyak tersedia. Rute konvensional Yogyakarta – Parangtritis adalah melalui Jalan Paris, singkatan bagi Parangtritis yang beken di masyarakat Jogja. Namun bagi yang ingin menikmati perjalanan atau mampir ke kompleks pemakaman raja Mataram di Imogiri, terdapat satu rute alternatif sejauh 35km melalui Imogiri – Siluk/Panggang- Parangtritis.


Peran kultur historis sebagai sumbu Merapi-Keraton-Laut Selatan Parangtritis merupakan latar belakang utama pantai tumbuh menjadi kawasan wisata terkenal. Menurut kepercayaan setempat, pintu masuk kerajaan laut selatan berada di Pantai Parangkusumo. Karena Parangkusumo dianggap sakral, maka dibukalah Parangtritis untuk kegiatan-kegiatan yang lebih keduniawian. Meski begitu, mitos dan kepercayaan tentang tuah Laut Selatan tetap berlaku di wilayah ini.

Menurut cerita di masyarakat, nama Parangtritis berawal dari era runtuhnya Majapahit. Seorang pelarian Majapahit bernama Dipokusumo pernah melakukan semedi di wilayah ini. Dia melihat tetesan-tetesan air yang mengalir dari celah batu karang, lalu menamai tempat ini Parang Tumaritis, dari kata parang (batu) dan tumaritis (tetesan air). Parang Tumaritis lambat laun dilafalkan sebagai Parangtritis yang bertahan hingga sekarang.


Sebagai tujuan wisata utama di Yogyakarta, Parangtritis punya banyak daya tarik. Yang pertama tentu saja pantainya. Meski begitu, tak banyak ruang tersedia bagi pengunjung untuk bermain air dan deburan ombak di pantai. Selain adanya kepercayaan terhadap Kerajaan Laut Selatan, pantai-pantai selatan Jawa dikenal memiliki ombak besar.


Masih di sekitar pantai, anda juga bisa menikmati atraksi Parangtritis yang lain. Di sini banyak tersedia bendi/delman yang bisa anda sewa untuk menyusuri pantai dari ujung ke ujung. Atraksi ini sangat digemari karena pengunjung bisa mencapai wilayah-wilayah yang jarang dijamah atau sudut-sudut pantai yang lebih tenang.

Atau anda juga bisa melirik penjual kain warna-warni. Mereka adalah penjual layang-layang pantai. Layang-layang kain yang merka jual sudah lengkap dengan benang dan siap diterbangkan. Parangtritis adalah tempat yang sangat sempurna untuk bermain layang-layang karena angin laut yang selalu bertiup kencang.
Kecantikan Parangtritis bisa juga dinikmati dari tempat lain. Pantai ini dikelilingi dataran dengan beda ketinggian yang cukup signufikan. Di sisi timur hingga timur laut berjajar perbukitan Gumbirowati. Di ketinggian 20-30m dari permukaan laut, pengunjung bisa menikmati keindahan pemandangan Parangtritis dan pantai-pantai lain di sekitarnya.

Di sisi barat, Parangtritis menawarkan jajaran gumuk pasir. Gumuk pasir (Sand Dune) Parangtritis merupakan sebuah fenomena alam unik yang terbentang sepanjang 16 km ke arah muara Sungai Opak dan melebar rata-rata 2 km dari garis pantai ke darat. Hanya ada 3 wilayah di dunia yang memiliki fenomena alam ini. Selain Parangtritis, gumuk pasir hanya terdapat di gurun Gobi, China dan Arab Saudi.

Parangtritis memiliki 189 buah gumuk pasir yang terdiri dari 67 gumuk jenis Barkhan (sabit), 79 Longitudinal (memanjang), 32 Parabolik (parabola), dan 11 Sisir. Gumuk pasir ini bisa mencapai ketinggian 7m. Kompleks gumuk pasir wilayah Parangtritis-Parangkusumo merupakan satu-satunya wilayah dengan jenis gumuk pasir terlengkap di dunia.


Saat ini telah Parangtritis telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung. Warga telah mendirikan warung-warung tak jauh dari bibir pantai. Parkir dan kamar mandi umum juga telah tersedia di sekitar pintu masuk pantai. Toko yang menjual suvenir khas Parangtritis berjajar di jalan berpasir antara jalan aspal utama ke arah pantai. Banyak penginapan berjajar di sepanjang jalan utama menuju pantai.

JANGAN LUPA BACA ARTIKEL INI YA ....

Untuk berlangganan gratis artikel terbaru dari Widya School's ke email anda, silahkan ketik email anda di bawah ini, kemudian klik tombol subscibe:


Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

FOLLOW US ON TWITTER

ABOUT ME


TKJ SMK N 1 JKT

HARDWARE PC

TIP DAN TRIK PC

JARINGAN KOMPUTER

MICROSOFT OFFICE

MY BANNER

logo

MY LINK

WIDYA SCHOOL'S

MY PAGERANK

PageRank Checker