ZONA DOWNLOAD

MY FRIENDS

WELCOME TO WIDYA SCHOOL

Kualitas Web Site Menurut SEO

Di bidang Search Engine Optimization (SEO), sering kita jumpai berbagai trik untuk membuat sebuah website tampil sebaik mungkin di mata search engine. Bahkan ada yang sengaja melakukan spamming untuk mengungguli website pesaing sekaligus mencoba mengelabui search engine. Spamming sedapat mungkin harus dihindari, sebab bisa dipastikan akan berdampak buruk untuk kelangsungan hidup sebuah website dan bisnis yang dijalankan. Sebaiknya kita mulai berpikir bagaimana search engine menilai baik buruknya sebuah website.

Sebenarnya hal ini bukanlah sesuatu yang rumit, sebab search engine hanyalah sebuah program yang dibuat oleh manusia. Program search engine sedapat mungkin dirancang untuk meniru logika manusia pada umumnya. Website yang bagaimana menurut kita baik, itulah definisi baik menurut search engine. Sebab mereka diciptakan untuk memberikan hasil pencarian terbaik yang kita butuhkan.

Ada banyak faktor sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan baik buruknya kualitas sebuah website, dan setiap orang tentu memiliki pandangan yang berbeda-beda. Namun diantara sekian banyak tersebut, ada beberapa hal yang sudah umum dipakai acuan, yaitu :

1. Kecepatan download

Pengguna internet pada umumnya tidak betah menunggu. Mereka tidak suka berlama-lama hanya untuk menunggu munculnya informasi dari web yang diakses. Sedapat mungkin kita harus mengoptimalkan desain web agar tidak terlalu berat untuk diakses, sekalipun menggunakan koneksi dial-up. 8 - 12 detik adalah kecepatan akses yang ideal. Optimalkan kembali komponen-komponen web Anda (image, HTML, JavaScript, CSS) jika belum mencapai angka tersebut.

2. Isi mudah dibaca

Sedapat mungkin janganlah menggunakan font yang terlalu kecil, dan warna yang kontras sehingga cepat membuat mata lelah. Buatlah pengunjung nyaman untuk membaca informasi yang Anda sediakan, tanpa harus merubah setting font pada browser atau bahkan sampai merubah Brightness & Contrast pada monitor.

3. Tata letak desain yang konsisten

Desain dari satu halaman ke halaman lain harus dibuat konsisten untuk memudahkan pengunjung menemukan content yang Anda sediakan. Pengunjung akan merasa bingung jika menu yang Anda letakkan di halaman pertama dan kedua berubah-ubah posisinya. Buatlah mereka mudah beradaptasi, dengan desain ringan dan navigasi yang user friendly.

Jika sudah memperhatikan 3 faktor diatas, secara teknis website Anda bisa dikatakan sudah siap untuk dipublikasikan. Apalagi jika Anda memiliki content web yang unik dan berkualitas, bisa dipastikan tidak akan mendapat masalah pada search engine dalam jangka waktu yang lama.

JANGAN LUPA BACA ARTIKEL INI YA ....

Untuk berlangganan gratis artikel terbaru dari Widya School's ke email anda, silahkan ketik email anda di bawah ini, kemudian klik tombol subscibe:


Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

FOLLOW US ON TWITTER

ABOUT ME


TKJ SMK N 1 JKT

HARDWARE PC

TIP DAN TRIK PC

JARINGAN KOMPUTER

MICROSOFT OFFICE

MY BANNER

logo

MY LINK

WIDYA SCHOOL'S

MY PAGERANK

PageRank Checker