ZONA DOWNLOAD

MY FRIENDS

WELCOME TO WIDYA SCHOOL

Cegah Virus dengan Disable Autorun

Cegah Virus dengan Disable Autorun

Saat ini, virus terus berkembang dan serangannya pun semakin membahayakan. Bahkan, kini virus telah dapat menyebar secara otomatis melalui perangkat USB Flash Disk. Bagaimana mengatasinya?

Bagaimana cara paling efektif menghindari virus? Jawaban klasiknya tentu pakai antivirus yang selalu terupdate. Ibarat musik klasik yang tetap digemari sampai sekarang, resep tersebut masih cukup ampuh sampai hari ini, di samping back up data juga yang merupakan salah satu “kotbah” yang paling sering dikumandangkan para pakar sekuriti guna menekan kerugian jika terjadi “hal yang tidak di inginkan”. Definisi “hal tidak diinginkan” tidak terbatas pada ancaman saja, tetapi juga ancaman kerusakan hardware, dan lebih luas lagi ancaman di luar kendali manusia (force majeure) seperti banjir, kebakaran atau di copet orang.
Berbicara mengenai ancaman virus ada dua tindakan: preventif dan kuratif. Preventif adalah tindakan pencegahan, sedangkan kuratif adalah tindakan penyembuhan. Sebenarnya antivirus termasuk ke dalam golonga preventif, yaitu mencegah komputer terinfeksi virus, walupun dalam beberapa kasus antivirus juga digunakan untuk membasmi virus yang sudah menginfeksi komputer.
Selain antivirus, ada banyak tindakan preventif untuk mencegah komputer terinfeksi virus. Perkembangan terakhir adalah virus yang menginfeksi lewat USB Flash Disk. Pembuat virus menujukan kedigdayaannya dengan memanfaatkan featur autorun pada UFD. Dengan cara ini virus dapat berjalan secara otomatis setiap kali UFD dicolokan ke komputer. Ini tentu berbeda dengan virus-virus lama yang hanya aktif jika pengguna mengklik file yang terinfeksi. Lalu, bagaimana caranya menghindari virus yang menjalankan dirinya secara otomatis?
Ada dua cara, cara sulit dan cara mudah. Cara sulit adalah dengan mengoprek registri komputer (lihat http://autorun.moomvalley.com/enable.htm - berlaku untuk Windows 98 / ME / NT / 2000 / XP).
Sedangkan cara mudahnya adalah menggunakan tools TweakUI (147 KB) yang hanya tersedia khusus untuk Windows XP (dapat di-download dari http://download.microsoft.com/download/f/c/a/fca6767b-9ed9-45a6-b352-839afb2a2679/TweakUIPowertoySetup.exe)
Setelah men-download file ini, silakan install dan jalankan. Pada menu TweakUI, akses untuk setelan autorun ada pada menu [My Computer] [AutoPlay] [Types]. Untuk menon-aktifkan pilihan “Enable autoplay for removable drives”, sedangkan untuk menon-aktifkan autorun pada CD / DVD drives”hilangkan centang pada pilihan “Enable autoplay for CD and DVD drives”
Selain itu, anda juga bisa menentukan drive mana saja yang ingin aktif autorunnya dengan mengakses menu [My Computer] [AutoPlay] [Drives] dan hilangkan centangan pada driveyang ingin di non-aktifkan feature autorunnya.
Sebenarnya secara default Windows sudah menonaktifkan feature autorun pada removable drive. Tetapi jika anda pernah terinfeksi virus local yang memanfaatkan feature autorun ini, diaktifkan sehingga setiapkali anda mencolokan UFD bervirus pada komputer anda, virus pun akan aktif secara otomatis.
Jika anda ingin secara manual mononaktifkan autorun setiap kali anda memasukan CD, tekan saja [Shift] pada saat memasukan CD.

JANGAN LUPA BACA ARTIKEL INI YA ....

Untuk berlangganan gratis artikel terbaru dari Widya School's ke email anda, silahkan ketik email anda di bawah ini, kemudian klik tombol subscibe:


Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

FOLLOW US ON TWITTER

ABOUT ME


TKJ SMK N 1 JKT

HARDWARE PC

TIP DAN TRIK PC

JARINGAN KOMPUTER

MICROSOFT OFFICE

MY BANNER

logo

MY LINK

WIDYA SCHOOL'S

MY PAGERANK

PageRank Checker