ZONA DOWNLOAD

MY FRIENDS

WELCOME TO WIDYA SCHOOL

Motherboard Untuk AMD Phenom

Untuk memilih Mobo yang mendukung AMD Phenom diperlukan perhatian lebih terutama pemilihan chipset north. Ini diperlukan untuk mendukung kinerja dan stabilitas mobo tersebut.
Di sini ada bebarapa contoh Mobo yang mendukung AMD Phenom :

Foxconn A7DA-S
Ada nasihat bahwa jika Anda hendak membangun sebuah PC bagi kebutuhan komputasi sederhana seperti untuk kantor atau untuk penggunaan rumahan (mengetik dan ber-Internet), ada baiknya memilih motherboard dengan fungsi grafis terintegrasi. Namun nasihat tersebut sudah usang. Saat ini, motherboard dengan fitur grafis terintegrasi tidak bisa dipandang enteng karena sanggup menangani aplikasi yang lebih kompleks lagi.

Inilah yang dihadirkan chipset AMD790GX. Foxconn menghadirkan salah satu produk berbasis chipset ini via seri A7DA-S. Keunggulan chipset ini selain merupakan produk teranyar, tentu saja adalah teknologi yang lebih baru. Contohnya, chipset ini mendukung prosesor yang cukup beragam, mulai dari Sempron hingga Phenom dengan soket AM2 dan AM2+. Sementara untuk menangani kebutuhan grafis, produk ini dipersenjatai dengan chipset ATi Radeon 3300HD, yang notabene merupakan chip grafis terbaik di kelasnya.

Untuk menambah kinerja grafis, Foxconn juga menyertakan fitur Side Port Memory dengan ukuran 128MB DDR3. Side Port Memory sendiri merupakan chip memori yang sengaja ditanam di motherboard untuk membantu kerja chip grafis. Jadi alih-alih memakai memori utama, chip grafis akan menyimpan data yang diperlukan di Side Port ini. Karena akses ke Side Port lebih cepat dibanding ke memori utama, kinerja motherboard pun semakin cepat. Selain itu, memori utama pun bisa digunakan untuk memproses aplikasi lain.

Produk ini masih disertakan fitur hybrid-Crosfire yang memadukan grafis terintegrasi dan mandiri. Salah satu yang kami sukai dari hybrid-CrossFire yaitu kemudahan instalasinya berkat dukungan aplikasi dan driver ATi Catalsyt. Jika Anda ingin menggunakan fitur ini sebaiknya gunakan driver keluaran terbaru untuk mendapatkan kestabilan dan kemudahan.

Chipset AMD790GX sendiri menggandeng chipset southbridge SB750. Apa perbedaan dengan chipset sebelumnya (SB700)? Chipset SB750 ini telah menyertakan fitur Advanced Clock Calibration (ACC) yang mampu meningkatkan kinerja, terutama saat Anda mengutak-atik sistem melalui metode overclock. Hal ini memang mulai diperkenalkan bersamaan dengan chipset AMD790GX ini. Selengkapnya BACA DI SINI

Gigabyte GA-MA78GM-US2H

Seri GA-MA78GM-US2H ini memang mendukung prosesor AMD Phenom II yang hadir dengan soket AM2+ dan AM3 (dengan pabrikasi 45 nm). Jika biasanya motherboard microATX hanya menyediakan dua slot memori, tidak demikian dengan produk ini. Empat slot RAM dengan total kapasitas 16 GB mampu digenjot hingga kecepatan 1200MHz (meskipun hanya berfungsi jika dipakai dengan memori yang sesuai).

Chipset AMD780G sendiri memang sudah terkenal sebagai chipset mainstream untuk aktvitas multimedia hingga gaming. Untuk urusan gaming, grafis onboardnya menggunakan chipset Ati Radeon 3200 yang memiliki core clock 500MHz dan mendukung DirectX 10 serta Shader Model 3.0 dengan kapasitas maksimal hingga 512 MB. Selain itu, tidak ketinggalan disertakan pula fitur hybrid-CrossFireX yang memadukan grafis onboard dengan kartu grafis pada slot PCI-Express. Dengan fitur ini, produk ini mampu memainkan aneka game dengan resolusi rendah hingga menengah. Sekadar mengingatkan, untuk mengaktifkan fitur hybrid-CrossFireX, chipset onboard ATi Radeon3200 hanya bisa dipadu dengan kartu grafis seri Radeon 2400 dan 3400.

Chip grafis onboard ini juga sudah mampu memainkan format Blu-ray/HD-DVD dengan baik. Sebagai pendukung, pada panel belakang tersedia port HDMI yang mendukung format Full HD. Realtek ALC889A yang merupakan chipset audio 8 kanal juga mendukung fasilitas full rate audio Blu-ray/HD-DVD.

Bagi yang membutuhkan aneka media storage, disediakan 5 port SATA internal dan satu port eSATA. Kesemua port ini sudah mendukung konfigurasi SATA RAID 0, 1, 10 dan JBOD. Fitus ini cocok bagi yang membutuhkan media simpan dengan kapasitas serta tingkat keamanan yang memadai.

Agar semakin mantap, Gigabyte seri ini juga dilengkapi dengan fitur overclock baik melalui BIOS ataupun aplikasi. Tidak ketinggalan pula, terdapat fitur AMD Overdrive yang memudahkan Anda meningkatkan kinerja prosesor dan chipset via aplikasi. Opsi pada menu BIOS yang menangani urusan overclock ditempatkan pada menu MB Intelligent Tweaker (M.I.T). Menu ini menyediakan konfigurasi manual atau otomatis pada clock, frekuensi dan voltase prosesor, memori, dan lainnya.

Gigabyte GA-MA78GM-US2H cocok bagi yang ingin membangun PC dengan dukungan prosesor terbaru berfitur lengkap dengan dana terjangkau. Fasilitas unggulan seperti hybrid-CrossFireX serta dukungan multimedia definisi tinggi menjadi nilai tambah yang menarik. Ini masih ditambah dengan fitur overclock yang meskipun tergolong tidak istimewa, tapi cukup memadai bagi yang ingin mencoba kemampuan produk ini di atas kemampuan standarnya.
BACA DI SINI

2 Mobo Di atas hanyalah contoh .... Masih banyak Mobo lain yang beredar di pasaran. Jika ingin mengetahui yang lainnya Klik Di sini

Untuk memilih Mobo yang baik di perlukan :

1. Sesuaikan dengan kondisi keuangan anda
2. Perhatikan Chipsetnya
3. Perhatikan Kelengkapannya

Mudah-mudahan ini bermamfaat untuk anda.

JANGAN LUPA BACA ARTIKEL INI YA ....

Untuk berlangganan gratis artikel terbaru dari Widya School's ke email anda, silahkan ketik email anda di bawah ini, kemudian klik tombol subscibe:


Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

FOLLOW US ON TWITTER

ABOUT ME


TKJ SMK N 1 JKT

HARDWARE PC

TIP DAN TRIK PC

JARINGAN KOMPUTER

MICROSOFT OFFICE

MY BANNER

logo

MY LINK

WIDYA SCHOOL'S

MY PAGERANK

PageRank Checker